PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF P-DHATO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketuntasan klasikal siswa kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif P-Dhato pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII E SMP Negeri 13 Purworejo. Siklus I persentase pemahaman konsep matematika sebesar 66,875% dalam kategori cukup dan siklus II persentase pemahaman konsep matematika sebesar 78,4375% dalam kategori tinggi. Ketuntasan klasikal sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif P-Dhato hanya 22%, pada siklus I meningkat menjadi 46,875% dan 78,125% pada siklus II.
Kata kunci: P-Dhato, pemahaman konsep matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.